Home ยป Babinsa Desa Apung Hadiri Sosialisasi Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)

Babinsa Desa Apung Hadiri Sosialisasi Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)

jembatan berita

Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-01/Tpl Babinsa Desa Apung Sertu Tugianto hadiri kegiatan dari UPT Puskesmas Bumi Rahayu dalam rangka Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) merupakan salah satu upaya percepatan penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan, pertolongan persalinan, pencegahan komplikasi dan keluarga berencana oleh bidan.

Pelayanan bidan sangat berperan dalam keberhasilan suatu program pemerintah dalam rangka meningkatkan pembangunan kesehatan. Sebagai upaya mencapai tujuan yang diharapkan dilakukan kegiatan pembinaan kepada kader P4K desa Bumi Rahayu, Rabu (22/06/2022).

Kader berperan melakukan pendataan ibu hamil, memotivasi ibu hamil, melakukan penyuluhan tanda persalinan dan tanda bahaya, menyiapkan transportasi, biaya dan donor darah, memotivasi KB pasca persalinan dan melakukan rujukan kegawatdaruratan.

Dalam P4K dengan Stiker bidan diharapkan berperan sebagai fasilitator dan dapat membangun komunikasi persuasif dan setara di wilayah kerjanya agar dapat terwujud kerjasama dengan ibu, keluarga dan masyarakat sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan ibu dan bayi baru lahir.

Sertu Tugianto mengatakan kegiatan ini dalam rangka sosialisasi dalam rangka menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) dari kementrian kesehatan republik indonesia (Kemenkes RI) meluncurkan program perencanaan  persalinan dan pencegahan (P4K).

Kami sangat mengapresiasi dan selalu mendukung kegiatan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Bumi Rahayu dan ikut serta dalam menjaga kesehatan masyarakat yang ada di wilayah binaan.

BERITA LAINNYA