Home » Kasdim 0903/Bulungan Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas Di Kab Bulungan

Kasdim 0903/Bulungan Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas Di Kab Bulungan

jembatan berita

Tanjung Selor, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei tahun ini bertepatan dengan Idul Fitri 1443 H. Upacara peringatan Hardiknas pun diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si bersama forkopimda hadiri upacara peringatan Hardiknas di halaman Kantor Bupati Bulungan, Jumat (13/5/2022).

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim menegaskan, Kurikulum Merdeka yang berawal dari upaya membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

“Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” ucap Bupati.

Dilanjutkan, anak didik tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman 3 dosa besar pendidikan.

“Semangat yang sama juga sudah kita dengar dari para seniman dan pelaku budaya yang sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka,” ujarnya. Hal tersebut berkat kegigihan melahirkan terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia. Semua perubahan positif yang diusung bersama itu tidak hanya dirasakan para orangtua, guru dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesi di konferensi tingkat tinggi, G20. Ditegaskan, tahun ini Indonesia membuktikan diri tidak lagi hanya menjadi pengikut tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan Indonesia.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional,” ucap Bupati dalam kegiatan yang diikuti para tenaga pendidik, anak didik, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Utara, Kepala Balai Guru Penggerak Kalimantan Utara serta perangkat daerah terkait.

Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si mengatakan Selamat Hari Pendidikan Nasional, lebih lanjut mengajak seluruh elemen untuk memfokuskan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM dan wawasan kebangsaan yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

BERITA LAINNYA