Home ยป Koramil 0903-01/Tanjung Palas Peringati Syukuran Lebaran Ketupat

Koramil 0903-01/Tanjung Palas Peringati Syukuran Lebaran Ketupat

jembatan berita

Tanjung Selor, Tradisi lebaran ketupat tentunya menjadi salah satu moment yang cukup menarik dan penting bagi sebagian besar umat Islam khusunya di Indonesia. Apalagi di daerah yang memang memiliki tradisi tersebut setiap tahunnya pada hari raya Idul fitri.

Seperti yang dilakukan Anggota Koramil 0903-01/Tanjung Palas melaksanakan syukuran Lebaran ketupat merupakan salah satu tradisi yang dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri bertempat di Aula Makoramil 0903-01/Tanjung Palas, Rabu (11/5/2022).

Danramil 0903-01/Tpl Kapten Inf Muhammad Jamil mengatakan Lebaran Ketupat adalah tradisi yang dilakukan sebagian besar masyarakat Muslim Indonesia khususnya di Pulau Jawa, yang tanggalnya jatuh seminggu setelah Idul Fitri 1 Syawal. Tradisi lebaran ketupat di beberapa wilayah juga diartikan sebagai kegiatan syawalan, hari ini Koramil baru bisa merayakan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

Bukan tanpa alasan, tradisi ini dinamakan Lebaran Ketupat karena hidangan yang disajikan berupa menu ketupat.

Perayaan tradisi lebaran ketupat ini dilambangkan sebagai simbol kebersamaan dengan memasak ketupat dan mengantarkannya kepada sanak kerabat pada tradisi masyarakat Jawa.

Lebih lanjutnya mengucapkan Selamat Lebaran Ketupat, Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri, semoga Idul Fitri kali ini menjadi yang terbaik untuk kita semua. Mohon maaf lahir dan batin.

BERITA LAINNYA