Home ยป Kasdim 0903/Bulungan Laksanakan Silaturahmi Dan Ziarah Di Makam Syekh Maulana Al Maghribi

Kasdim 0903/Bulungan Laksanakan Silaturahmi Dan Ziarah Di Makam Syekh Maulana Al Maghribi

jembatan berita

Tanjung Selor, Dalam upaya menjalin kerja sama dan silaturahmi di wilayah binaannya, Kasdim 0903/Blg Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si beserta rombongan melaksankan silaturahmi dengan pemerintah Kec Tanjung Palas Tengah dan ziarah di makam Syekh Maulana Al Maghribi yang diyakini sebagai ulama pertama yang membawa Islam masuk ke Kalimantan Utara di Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Senin (14/6/2021).

Desa Salimbatu di Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, sebagai kawasan religi. Menurut Kasdim 0903/Blg, sangat banyak jejak peradaban Islam yang masih tampak secara kasat mata. Salah satunya makam keramat bersejarah Habib Said Ahmad Al Maghribi, serta makam Sayid Abdullah Bilfaqih dan Sayid Ali Al Idrus.

Ketiga tokoh yang wafat sekitar tahun 1800-an tersebut punya andil besar dalam penyebaran agama Islam di wilayah Kabupaten Bulungan dan sekitarnya, terangnya.

Kondisi makam belum tertata dengan baik. Padahal menurut tokoh ulama dan warga sekitar, tingkat kunjungan ziarah makam di lokasi tersebut cukup tinggi, tidak hanya berasal dari luar daerah, tapi juga dari luar negeri, Potensinya cukup bagus jika dikembangkan lebih baik, tentu ini dapat menjadi objek wisata religi, ungkapnya.

Kasdim 0903/Blg Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si juga melakukan silaturahmi dengan pemerintah Kec. Tanjung Palas Tengah membahas tentang kerjasama dibidang penanggulangan Penyebaran Covid-19, Ketahanan Pangan dan Peternakan.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian tugas pokok yaitu melaksanakan interaksi secara langsung dengan aparat pemerintah Kecamatan dan Desa, kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas aparat Komando kewilayahan, guna meningkatkan hubungan harmonisasi antara aparat teritorial terhadap aparat binaannya, agar terjalin hubungan yang baik dengan cara pendekatan komunikasi sosial, jelasnya.

BERITA LAINNYA