Home » Jalan Trans Kalimantan dari Malinau Menuju Paking Terputus.

Jalan Trans Kalimantan dari Malinau Menuju Paking Terputus.

jembatan berita
Jalan Trans Kalimantan dari Malinau Menuju Paking Terputus.

Malinau-Ruas jalan Trans Kalimantan dari Malinau menuju Paking terputus tidak dapat dilalui kendaraan karena longsor. Jalan yang terputus tersebut masuk wilayah desa Paking kecamatan Mentarang Kabupaten Malinau.

Kepala DPUPR Perkim Malinau Dr. Tomi Labo membenarkan kejadian longsor tersebut. “Ya, benar saya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa jalan trans Kalimantan di Sungai Gita masuk ke Desa Paking longsor dan jalan terputus, terputusnya ruas jalan trans Kalimantan itu kemungkinan akibat curah hujan pada Kamis (8/10/2020) lalu sehingga terjadi longsor cukup besar.

“Memang sebelumnya juga di sekitar lokasi terjadi longsor. Karena intensitas hujan cukup tinggi, sehingga terjadi abrasi di aliran sungai,” jelasnya. “Kejadian ini sudah kita sampaikan ke Balai Pembangunan Jalan Nasional di Balikpapan dan Satker perwakilan di Kaltara,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, langkah jangka pendeknya, pihaknya membuka akses jalan agar masyarakat Desa Paking bisa menuju ke perkotaan.

“Sesuai arahan dari Plt Bupati Malinau, kami sudah mulai membuka akses dari jalur Desa Paking menuju Simpang Sentaban,” ungkapnya. Dia mengatakan, jalur itu memang ada jembatan tetapi belum dapat diakses kendaraan roda empat. Karena itu, pihaknya sudah mengarahkan kendaraan alat berat melakukan pembenahan di jalur itu sebagai tanggap darurat.

“Jadi kendaraan alat berat kita di Desa Luso dan Sembuak Warok sudah kita bawa ke sana untuk melakukan pembersihan jalur,” katanya.

BERITA LAINNYA